Cara Membuat Rumah Bambu Yang Nyaman. Ini dia caranya …

Bambu adalah bahan alami yang serba guna, dari bambu anda bisa membuat berbagai macam alat kebutuhan rumah tangga, membuat topi, hingga membuat rumah. Bambu yang harganya cukup murah bisa anda dapat dengan mudah. Anda bisa membuat rumah bambu dengan biaya yang murah, tahan lama dan modern. Dengan bambu, anda tidak akan lagi memerlukan semen, pasir, batu bata dan bahan bangunan lainnya.

fuuh-fogging-day-at-lembang-still-supervise-the-bamboo-building-progress

Sebelum membahas cara membuat rumah dari bambu sebaiknya kita kenali dulu tanaman bambu itu seperti apa. Oke, kita mulai dengan varietas tanaman bambu itu sendiri yang kabarnya memiliki jenis sebanyak 1.500 buah di dunia ini. Kita beruntung karena tinggal di negeri dengan varian jenis bambu yang banyak. Bambu adalah jenis rumput-rumputan keras dengan tingkat pertumbuhan yang cepat sehingga kita tidak perlu khawatir akan kehabisan bambu di masa depan.

Membuat rumah bambu membutuhkan kesabaran, selain itu, anda memerlukan bantuan banyak orang. Anda tidak bisa menyelesaikan pengerjaannya seorang diri karena akan memakan waktu lama. Ajaklah istri serta anak untuk ikut serta dalam proyek pembuatan rumah bamboo kecil ini, anggap saja proyek ini sebagai wisata edukasi untuk anak-anak.

Jika anda bermaksud membuat rumah tempat tinggal dengan bahan bambu maka anda memerlukan bantuan seorang profesional, lain halnya jika anda membuat rumah bambu untuk sekedar tempat bersantai maka anda bisa mengusahakannya sendiri. Gunakanlah tips membuat rumah bambu berikut ini agar pengerjaannya bisa anda lakukan dengan mudah.

Carilah pasokan bambu sebanyak mungkin dari pemasok yang murah

Saran kami jangan beli bambu di toko bangunan karena harganya sangat mahal. Carilah bambu di daerah pedesaan, di rumah-rumah penduduk yang pekarangan rumahya terdapat pohon bambu. Belilah dalam jumlah besar agar harganya bisa lebih murah.

Mencari lokasi yang pas

Carilah lokasi yang pas untuk membangun rumah bambu anda. Anda bisa memilih salah satu spot di halaman rumah atau di belakang rumah anda. Pastikan akses masuk ke spot itu mudah.

Membuat Desain dan denah rumah

Agar pengerjaan rumah bambu sesuai dengan rencana, anda harus membuat desain dan denah rumah dari awal. Bila rumah bambu yang dibuat berukuran kecil, maka tingkat kerumitannya kecil juga. Sebaiknya anda berkonsultasi ke pengrajin bambu agar biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

Proses membangun rumah bambu

Agar rumah bambu yang dibuat bertahan lama, anda harus membuat pondasi yang kuat dari bahan beton. Untuk lantai, anda bisa memilih bahan kayu agar klop dan berkesan alami. Bagian atap bisa menggunakan jerami atau palm.

Memilih bahan dinding rumah bambu

Untuk bahan dinding anda bisa menggunakan bahan anyaman bambu. Begitu pula untuk atap atau langit-langit, anda bisa menggunakan anyaman bambu yang murah meriah.

Seru sekali setiap tahapan dalam membangun rumah dari bahan bambu ini. Kalau sudah selesai, anda pasti akan banyak meluangkan waktu anda dengan bersantai di sini.

author
No Response

Comments are closed.