Cara Membuat Halaman di Word Otomatis

No comment 1160 views

Cara membuat halaman di word otomatis, kali ini infoincara.com akan share cara yang sebenarnya sepele tapi bisa jadi penting. “Nomer yang berbeda” ya saat kita ingin membuat laporan, proposal atau yang lainnya, dan kita harus memberi nomer halaman di setiap halamannya. Dengan Ms. Word sebetulnya fasilitas tersebut sudah disediakan, sehingga akan memudahkan kita.

Untuk mengetahui cara membuat halaman di word, dapat dilakukan sebelum ataupun sesudah kita selesai membuat tulisan kita dan tinggal memberi nomor halaman saja.

Caranya adalah sebagai berikut:

1. Klik Insert lalu pilih sub menu Page Number, kemudian pilih salah satu, sebagai contoh di sini pilih Buttom of Page. Lalu pilih plain number 2.
Tampilan seperti berikut.

cara menambahkan nomer halaman

Gambar 1

 

Langkah 2

Gambar 2

2. Setelah nomer halaman telah terlihat, double klik di luar footer untuk tes apakah berhasil atau tidak, sehingga muncul tampilan sebagai berikut.

Gambar 3

Gambar 3

3. Untuk mengatur nomer halaman di bagian cover, double klik footer yang ada di halaman cover lalu akan muncul menu design seperti di bawah ini.

Gambar 4

Gambar 4

Kemudian, centang Different First Page, maka nomer halaman yang sebelumnya akan hilang. Double klik di luar footer kembali.

Gambar 5

Gambar 5

4. Untuk memberi nomer halaman di halaman kata pengatar dan daftar isi dengan format romawi (i, ii, iii, …). Letakkan kursor di bagian paling awal halaman kata pengatar lalu pilih menu Insert kemudian klik Page Break (Untuk membedakan halaman dengan halaman Cover). Kemudian double klik di footer bagian kata pengantar, setelah muncul menu design pastikan hanya pada show document yang terpilih/tercentang. Kemudian hilangkan tanda aktif pada link to previous dengan cara klik bagian tersebut. Cara membuat halaman di word otomatis.

Gambar 6

Gambar 6

5. Kemudian di menu design pilih page number lalu format page number untuk merubah format halaman menjadi romawi (i, ii, iii, …)

Gambar 7

Gambar 7

6. Pilih tipe romawi kemudian klik start at i. Seperti terlihat di bawah ini. Maka halaman 1 akan berubah menjadi halaman i.

Gambar 8

Gambar 8

7. Untuk memberi halaman pada isi, sebetulnya sama seperti saat memberi halaman di kata pengantar, namun hanya rubah pada tipenya. Yang terpenting jangan lupa page break, show document yang terpilih/tercentang, kemudian hilangkan tanda aktif pada link to previous. Baru pilih tipe nomernya.

Itulah tadi cara membuat halaman di word otomatis yang infoincara.com bisa share, jika artikel ini bermanfaat dapat anda bagikan dengan klik tombol share di bawah ini.

author
No Response

Leave a reply "Cara Membuat Halaman di Word Otomatis"

3 × five =