Cara Membuat Animasi Bergerak di Blog

No comment 797 views

Cara membuat animasi bergerak menggunakan aplikasi photoshop. Mengapa photoshop? Karena photoshop memberikan fasilitas yang sangat mudah digunakan untuk membuat animasi bergerak. Sebagai contoh kali ini infoincara.com akan membuat karakter animasi Parampaa.

1. Pertamatama buka Photoshop lalu buat dokumen baru dengan menekan tombol Ctrl+N. Kemudian isi ukuran sesuai dengan keinginan, dalam contoh ini menggunakan ukuran 500 x 500.

Cara membuat animasi bergerak 1

Cara membuat animasi bergerak1

2. Buat lingakaran menggunkan Ellipse Tool yang ada di menu samping kiri berbentuk lingkarang. Ubah warna foreground color dengan warna hijau (#aad985).

Cara membuat animasi bergerak 2

Cara membuat animasi bergerak2

3. Beri garis tepi pada lingkaran dengan cara double klik di bagian layer lingkaran, kemudian atur seperti ini.

Cara membuat animasi bergerak 3

Cara membuat animasi bergerak3

4. Buat badan dengan cara buat layer baru kemudian pindah layer tersebut di bawah layer lingkaran. Gambar menggunakan Pen Tool yang ada di menu sebelah kiri. Isi path dengan klik kanan kemudian pilih Fill Path.

Cara membuat animasi bergerak 4

Cara membuat animasi bergerak4

5. Hapus path dengan cara klik kanan pada gambar lalu pilih delete path. Beri garis tepi pada badan seperti pada lingkaran  sehingga menjadi seperti di bawah ini.

Cara membuat animasi bergerak 5

Cara membuat animasi bergerak5

6. Tambahkan mata dengan membuat lingkaran seperti awal tadi kemudian beri lingkaran hitam di dalamnya. Kemudian gandakan dengan cara klik pilih gambar kemudian tekan Ctrl+J.

Cara membuat animasi bergerak 6

Cara membuat animasi bergerak6

Cara membuat animasi bergerak 7

Cara membuat animasi bergerak7

7. Buat mulut menggunakan Pen Tool lalu degan membuat garis melengkung kemudian atur ketebalan menjadi 5. Klik kanan pada garis lalu pilih Stroke Path.

Cara membuat animasi bergerak 8

Cara membuat animasi bergerak8

8. Gabungkan semua element dengan menekan Ctrl + Shift + E. Sehingga terlihat seperti gambar di bawah ini.

Cara membuat animasi bergerak 9

Cara membuat animasi bergerak9

9. Buat mata berkedip. Tapi sebelumnya harus menyembunyikan gambar yang telah digabung tadi dan kedua mata dengan cara menghilangkan tanda mata hitam di layer.

Mata berkedip dapat dibuat dengan menggunakan Pen Tool sesuai pola yang diinginkan. Caranya sama dengan membuat senyum. jangan lupa gandakan dan geser posisinya serta mengubah arahnya 180 derajat. Seperti di bawah.

Cara membuat animasi bergerak 10

Cara membuat animasi bergerak10

10. Gabungkan semua gambar, background, mata yang berkdip, senyum, badan, serta kepala seperti saat menggabungkan semua element yang pertama. Sehingga didapatkan dua buah gambar, mata biasa dan mata berkedip.

11. Menggerakkan mata, untuk menggerakkan mata sebelumnya aktifkan menu animasi dengan cara pilih menu Window kemudian pilih Animation.

Muncul menu animasi di sebelah bawah layer kerja, untuk memanggil semua layer yang akan dibuat menjadi animasi tekan bagian yang diberi warna merah, lalu pilih Make Frames From Layers.

Cara membuat animasi bergerak 11

Cara membuat animasi bergerak11

12. Kita hanya akan menggunakan bagian layer yang sempurna, untuk itu hapus layer yang tidak dibutuhkan. Hapus layer yang tidak ada tanda kotak merah dengan cara klik ikon tempat sampah.

Setelah tersisa 2 layer dengan gambar sempurna, kita bisa memutarnya dengan klik bagian warna biru, selain itu kita bisa atur waktu per layer di bagian warna merahnya. Untuk contoh menggunakan waktu 1 sec.

Cara membuat animasi bergerak 12

Cara membuat animasi bergerak12

Cara membuat animasi bergerak 13

Cara membuat animasi bergerak13

13. Untuk menyimpan gambar agar bisa bergerak caranya adalah klik File kemudian pilih Save for Web & Devices… atau bisa dengan menekan tombol Alt + Shift + Ctrl + S di keyboard.

Muncul kota dialog, pilih Ok, kemudian akan muncul kotak dialog baru untuk memilih tempat menyimpan klik OK.

Setelah selesai gambar bisa di lihat seperti di bawah ini.

Animasi bergerak parampaa

Animasi bergerak parampaa

Itulah tadi cara membuat animasi bergerak di supaya bisa di tempatkan di blog atau yang lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

author
No Response

Leave a reply "Cara Membuat Animasi Bergerak di Blog"

sixteen + 19 =