Cara Memanfaatkan Daun Sirsak Untuk Mengobati Berbagai Keluhan Kesehatan

Di desa tempat saya tinggal banyak sekali terdapat pohon sirsak. Pohon ini seringkali dianggap tidak penting hingga sebuah penelitian menyatakan bahwa daun sirsak memiliki manfaat yang sangat hebat karena bisa mengobati penyakit kanker. Banyak orang belum menyadari kalau pohon sirsak sangat bermanfaat bagi manusia, terutama bagian daunnya.

Tanaman sirsak umumnya berasal dari luar Indonesia yaitu dari wilayah asia tenggara dan amerika selatan. Setiap bagian dari tanaman ini sangat bermanfaat karena sifat menyembuhkan yang dimilikinya. Buah sirsak sangat segar saat dimakan dengan rasa manis yang begitu tajam dan aroma yang harum.

daun_sirsakSaat ini para ilmuwan sedang dihebohkan dengan temuan mencengangkan dari beberapa studi ilmiah pada daun sirsak. Kini diketahui bahwa beberapa sel kanker bisa dibunuh dengan mudah oleh zat alami yang terkandung pada daun sirsak. Selain manfaatnya untuk mengatasi penyakit kanker, buah sirsak masih punya banyak manfaat lainnya untuk kesehatan yaitu :

1. Untuk pengobatan asam urat

Selain anti kanker, anda juga bisa menggunakan daun sirsak untuk mengobati asam urat. Banyak sekali cara pengobatan asam urat dengan memakai daun sirsak. Asam urat bisa dibantu penyembuhannya dengan makan daun sirsak.
Cara penggunaan : ambil 10 lembar daun sirsak yang agak tua dan bersihkan. Berikutnya rebus dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan tersisa 1 cangkir saja. Minum saat masih hangat. Agar hasilnya maksimal, anda bisa melakukan pengobatan ini dengan dua kali sehari sehabis sarapan dan makan malam.

2. Untuk mengatasi nyeri punggung

Jika anda sering berolahraga maka tidak aneh bila anda merasakan nyeri punggung. Penggunaan obat pabrikan untuk mengobati nyeri punggung sangat tidak disarankan karena kandungan bahan kimia yang berbahaya. Sebaiknya anda gunakan cara herbal saja dengan memakai daun sirsak.

Cara penggunaan : rebus setidaknya 20 lembar daun sirsak bersama 5 gelas air putih hingga menyisakan 3 gelas air rebusan saja. Diminum untuk tiga kali dalam sehari.

3. Untuk mengatasi rematik dan eksim

Umumnya rematik dialami oleh mereka yang sudah tua. Penyakit rematik menimbulkan rasa nyeri yang hebat. Tapi tenang saja, sakit arthritis ini bisa diatasi dengan daun sirsak.

Cara penggunaan : ambil beberapa lembar daun sirsak lalu haluskan dan oleskan ke bagian tubuh yang terasa sakit. Lakukan pengobatan ini dua kali sehari.

4. Untuk mengobati diabetes

Seorang penderita diabetes harus memiliki kadar gula darah antara 70 mg sampai 120 mg untuk bisa hidup normal. Anda bisa memanfaatkan daun sirsak sebagai penstabil kadar gula darah. Daripada itu, daun sirsak dipercaya bisa mengobati keluhan lainnya yang dialami penderita penyakit diabetes.

5. Untuk meningkatkan imunitas

Percayakah anda bahwa daun sirsak berpotensi meningkatkan resistensi tubuh anda terhadap serangan penyakit? Daun sirsak terbukti berhasil menghambat tumbuhnya berbagai parasit, virus dan bakteri hingga pertumbuhan tumor. Daun sirsak juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan demam dan mengatasi peradangan pada tulang.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari daun sirsak ini. Bagaimana dengan anda, apakah anda lebih memilih pengobatan dengan bahan kimia atau cara alami dengan daun sirsak ini?

author
No Response

Comments are closed.