Cara Hidup Jujur dan Manfaatnya Untuk Diri Sendiri dan Orang Lain

Setiap orang dituntut untuk bisa hidup jujur dalam menjalani hidup ini karena jujur adalah sikap yang dijunjung tinggi di masyarakat manapun. Dengan berlandaskan kejujuran maka akan tercipta kehidupan yang tenteram, aman dan sentausa. Semua generasi yang dilahirkan ke bumi ini harus meneladani sikap jujur. Jadikan jujur sebagai bagian dari pribadi yang abadi. Kenapa penulis berkata demikian? Jawabannya adalah karena jujur itu sendiri memiliki manfaat yang besar bagi manusia. Kejujuran itu sendiri konteksnya tidak hanya dalam hubungan sesama manusia saja tetapi juga dengan Tuhan sang penguasa alam semesta.

cara hidup jujur dan manfaatnya untuk diri sendiri dan orang lain

Kejujuran Itu Indah

Di masa sekarang ini apakah masih banyak orang yang hidup dengan cara yang jujur? Anda pasti tahu jawabannya. Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, sangat sulit mencari orang yang betul-betul bisa dipercaya baik sikap, kata-kata ataupun perbuatannya. Tapi kalau kita berpikir dengan hati yang jernih, bersikap jujur sendiri memang menjadi sebuah beban bagi kita. Ya bersikap jujur itu sebuah beban. Kenapa? Itu karena kejujuran akan menghentikan kebohongan dan bila kebohongan dihentikan maka kemunafikan akan tercegah.

Memang cukup sulit untuk bisa berkata jujur sesuai fakta pada orang lain. Tetapi itu adalah cara terbaik yang memungkinkan kita dan orang lain bisa saling percaya tanpa ada sesuatu pun yang disembunyikan. Tetapi ada waktunya di mana bersikap jujur harus diperhatikan. Ketika kita akan berbicara jujur hendaknya perhatikan sekeliling kita kiranya akan ada pihak yang tersinggung atau tidak dengan ucapan kita. Untuk berbicara jujur anda harus memperhatikan banyak keadaan. Yang pasti hanya tuhan saja yang maha tahu dengan isi hati kita bilamana kita setia atau ingkar kepadanya.

Manfaat Kejujuran

Agama manapun semuanya menganjurkan agar pengikutnya berbuat jujur. Kejujuran itu erat sekali konteksnya dengan kebenaran. Dan sebagaimana anda tahu, tuhan yang maha kuasa mengatakan bahwa kejujuran itu harus disampaikan sekalipun itu terasa sakit. Begitu pentingnya sikap jujur karena akan memberi pengaruh pada banyak hal, misalkan saja pada imej diri kita di depan orang lain. Bila orang lain tahu kita memiliki pribadi yang jujur, maka semua hal akan terasa lebih mudah, urusan pun lancar-lancar saja. Dengan kejujuran, kita akan dihargai dan diberikan amanat untuk dijaga dan dipelihara.

Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadist : “Tinggalkanlah apa yang meragukanmu menuju perkara yang tidak meragukanmu, sesungguhnya jujur adalah ketenangan sedangkan dusta adalah keraguan.” (HR. Turmudzi dari Hasan Bin Ali).

Manfaat berikutnya dari kejujuran adalah membuat kita mendapat keberkahan dalam berusaha. Jual beli dan segala konteksnya jelas akan lebih berkah ketika dilandasi dengan kejujuran. Dengan ini anda membuat orang lain percaya pada apa yang anda berikan pada mereka. Rasa percaya itulah yang harus anda jaga.

Sahabat, menjadi orang jujur akan dihadiahi surga oleh Allah SWT sebagaimana disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah sabdanya, “Berikanlah kepadaku enam perkara niscaya aku akan jamin engkau masuk surga : jujurlah jika engkau bicara, tepatilah jika engkau berjanji, tunaikanlah jika engkau diberi amanat, jagalah kemaluanmu, tundukkan pandanganmu dan jagalah tanganmu.” (HR. Ahmad dari Ubadah bin Ash-Shamit).

Kemanapun anda pergi, di manapun anda tinggal, kejujuran harus menjadi landasan dalam bersikap. Jujur erat kaitannya dengan profesionalisme dan menjadi tolak ukur hati nurani seorang hamba.

author
No Response

Comments are closed.