Cara Diet Sehat Dengan Melakukan Olah Raga Ringan

1334 views

Cara diet sehat dan cepat tentu selalu dicari oleh banyak orang, tidak mengenal jenis kelamin, usia dan status. Ketika seseorang sudah mulai merasakan badan menjadi gemuk atau berat badan sudah melebih batas wajar pasti mereka mulai panik, terutama bagi kaum hawa yang menganggap gemuk merupakan momok menakutkan. Bagaimana tidak, seorang wanita dianggap cantik bukan sekedar dari wajah, tetapi bentuk tubuh yang langsing menjadi bagian dari kecantikan wanita. Maka jangan heran jika banyak yang mendambakan tubuh langsing dengan melakukan berbagai cara, misalnya dengan pola diet yang sehat dan aman.

olah raga ringan untuk menurunkan berat badan

Cara menurunkan berat badan dengan diet memang banyak sekali, misalnya dengan mengatur pola makan untuk diet. Selain itu juga ada yang menggunakan obat penurun berat badan, namun untuk cara ini lebih beresiko membuat tubuh tidak sehat. Sekarang ada cara yang cukup popular dan mulai dilirik oleh sebagian besar masyarakat dan menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Cara diet sehat ini adalah dengan olahraga ringan dan teratur, tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga angkat berat maupun gerakan yang menyiksa lainnya. Diet sehat menurunkan berat badan dengan olahraga ringan bisa dilakukan oleh siapapun serta tidak membutuhkan biaya ekstra mahal untuk menjalankan diet ini. Kita akan mengulasnya dalam jenis-jenis olahraga ringan yang berguna untuk menurunkan berat badan.

  1. Jalan santai

olahraga ringan jalan kaki untuk dietJenis olahraga ini merupakan jenis aktifitas olah tubuh yang ringan bisa dilakukan oleh siapapun, jalan santai juga sangat aman dilakukan bagi yang sudah mulai masuk ke usia lanjut. Cara diet sehat dengan berjalan kaki santai ini tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, cukup berjalan kaki santai bersama keluarga, sahabat atau siapapun dengan rutin. Pasti Anda belum percaya sepenuhnya dengan jenis aktifitas olah tubuh ini mampu menurunkan berat badan.

Bahkan ketika kita beraktifitas sehari-hari juga tentu menggunakan langkah kaki. Cara diet sehat itu merupakan salah gerakan yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan diet namun kita kadang tidak memperhatikannya. Hanya saja, ada intensitas tertentu yang baik dan dianjurkan untuk melakukan gerakan jalan kaki yang bisa membantu proses menurunkan berat badan.

Cara diet menurunkan berat badan dengan jalan kaki cukup mudah sekali, dalam hal ini bukan sekedar melangkahkan kaki begitu saja. Diet dengan gerakan ringan ini baik dilakukan pada saat pagi hari atau sore hari, manfaatkan waktu senggang sebelum kerja atau setelah kerja dengan berjalan kaki. Jika Anda tinggal di lingkungan perumahan maka bisa berjalan kaki mengelilingi komplek perumahan. Jangan lupa saat Anda berjalan kaki tersebut diselingi dengan gerakan tangan melambai-lambai atau gerakan seperti pemanasan. Sesekali pada saat Anda berjalan kaki sempatkan juga untuk lari ditempat dan skot jump untuk menguatkan toto perut dan membakar lemak yang ada di sekitar perut dan pinggang. Cara diet sehat ini bisa membakar kalori secara perlahan, jika Anda rutin melakukan aktifitas ini bukan tidak mungkin diet yang Anda inginkan bisa cepet menurunkan berat badan.

  1. Bersepeda

bersepeda sangat baik untuk membakar kaloriCara diet sehat dengan olahraga bersepeda kini juga semakin memasyarakat di lingkungan kita, bukan saja di perkotaan saja namun sampai di desa-desa juga mulai bermunculan komunitas olahraga bersepeda. Aktifitas olahraga bersepeda juga sangat bermacam-macam, ada sepeda gunung dengan menaiki dan menyusuri jalan yang membangkitkan adrenalin. Ada juga bersepeda santai dengan komunitasnya mengelilingi rute tertentu misalnya mengitari dalam kota, di kawasan stadion dan tempat menarik lainnya. Gerakan kaki saat mengayuh pedal sepeda tanpa kita sadari bisa melatih kekuatan otot paha dan kaki. Tanpa kita sadari jika kita rutin melakukan aktifitas ini tentu keringat yang kita keluarkan saat bersepeda merupakan hasil dari pembakaran kalori dan lemak yang ada dalam tubuh kita.

  1. Berenang

berenang sangat baik untuk membakar lemat saat dietCara diet sehat berikutnya adalah gerakan ringan lainnya yang bisa bermanfaat untuk diet adalah renang. Aktifitas ini sudah sangat dikenal oleh kita meskipun tidak semua orang bisa berenang, padahal olahraga ringan ini sangat baik untuk membakar lemak bagi yang ingin diet. Gerakan-gerakan saat berenang bisa menguatkan otot-otot pada tubuh kita dari kaki, paha, tangan dan semua anggota tubuh. Diet sehat menurunkan berat badan dengan berenang cukup dengan menyempatkan waktu sekitar 30 menit sudah bisa membakar kalori pada tubuh kita. Bayangkan jika kita melakukannya cukup 2 hari sekali maka tubuh kita bisa langsing dan sehat, tapi sebaiknya sebelum berenang biasakan untuk melakukan pemanasan supaya tidak terjadi kram. Gerakan pemanasan tersebut juga secara tidak langsung merupakan gerakan ringan untuk cara diet sehat.

  1. Sit-up

sit up dapat mengencangkan otot perutSit up adalah gerakan yang sangat mudah dan ringan untuk dilakukan. Gerakan ini juga baik untuk dilakukan pria maupun wanita. Gerakan sit up memiliki manfaat yang banyak sekali untuk tubuh kita, salah satunya adalah untuk mengecilkan perut dan melatih otot perut. Bagi wanita gerakan ini tentu sangat baik jika ingin memiliki bentuk perut yang langsing, sedangkan untuk pria bisa membantu menguatkan otot perut dan dada. Cara diet sehat ini bisa dilakukan pada pagi hari maupun sore hari minimal 30 kali gerakan setiap hari, namun bagi Anda yang pemula bisa melakukan gerakan ini bertahap dari jumlah yang sedikit dahulu.

  1. Senam

gerakan crunch untuk mengecilkan perutOlahraga senam yang mampu untuk mengecilkan perut supaya langsing adalah dengan senam perut. Senam perut ini memiliki gerakan khusus yang berguna untuk mengecilkan perut, sehingga senam ini baik untuk dilakukan oleh wanita. Anda bisa mengikuti gerakan-gerakan yang akan kami sajikan dan bisa dipraktekkan langsung di rumah. Misalnya dengan gerakan crunch sambil kedua kaki diangkat, caranya adalah posisikan tubuh Anda dengan berbaring dengan kaki terbuka. Kemudian tarik lutut ke atas sehingga posisi kaki seperti sedang duduk dan kedua tangan di bawah kepala. Lakukan gerakan tersebut secara berulang setiap hari. Jika Anda mau menyempatkan waktu minimal 10 menit setiap hari tentu cara diet sehat dengan senam ringan ini akan berhasil.

Demikianlah beberapa gerakan dan olahraga ringan yang bisa dijadikan cara diet sehat menurunkan berat badan. Tidak harus dengan minum obat pelangsing, tidak harus dengan cara medis yang menghabiskan biaya mahal. Cukup melakukan cara diet dengan gerakan ringan, rutin dan sabar sampai hasilnya sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, ada yang harus diperhatikan dengan cara diet ini, yaitu harus didukung dengan pola makan yang sehat rendah lemak. Kurangi jenis makanan berat dan rutin makan buah kaya serat, sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal. Cara diet sehat ini bisa sangat aman dan tanpa efek samping, justru tubuh semakin sehat terhindar dari ancaman penyakit yang kapan saja bisa menyerang kita. Terutama penyakit yang disebabkan oleh badan yang gemuk, hypertensi dan lainnya. (Baca juga : Tips Diet Sehat Pria dan Wanita Yang Perlu Anda Coba)

author
No Response

Comments are closed.