Cara Cegah Kanker Payudara Dengan Memperbanyak Makan Serat

kanker-payudara

Kanker payudara adalah istilah ngetrend untuk penyakit mematikan yang menyerang payudara. Kanker jenis ini didominasi oleh kaum wanita meskipun pada beberapa kasus terjadi pada pria. Saat ini bahaya kanker payudara sudah sering disosialisasikan di banyak media. Cara pencegahan adalah yang paling sering diperdengarkan. Hal ini ditujukan untuk meminimalisir resiko kanker payudara sedari dini.

Untuk mengetahui lebih jauh hal-hal terkait kanker payudara, di Amerika Serikat telah dilakukan penelitian pada 44 ribu orang wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 20% dari responden terbiasa makan banyak serat semenjak SMA atau permulaan kuliah dan sisanya lagi tidak mengembangkan kebiasaan ini.

Secara umum belum diidentifikasi adanya korelasi khusus antara asupan makanan berserat bak di usia pertengahan maupun usia tua dengan kemunculan kanker payudara. Penelitian ini pun masih terus dilanjutkan sampai ditemukannya hasil yang realistis.

Dilihat sepintas, meskipun belum secara keseluruhan, para responden yang gemar makan makanan berserat cenderung lebih tahan terhadap kanker payudara. Tapi semua ini belum mencakup nutrisi lain dan diet berkualitas yang dilakukan oleh seorang perempuan.

Kandungan serat mempengaruhi jumlah hormon yang dihasilkan dalam tubuh, seorang remaja sedang mengalami perubahan hormonal yang terlihat melalui ukuran payudara yang terus bertambah. Di fase inilah seorang remaja perempuan harus dibiasakan makan banyak makanan berserat agar di usia menengah ia terhindar dari kanker payudara.

Terkait sumber serat, bahan makanan yang bisa dijadikan rujukan adalah yang berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Saya sangat menyarankan agar para ibu menyediakan makanan yang kaya serat pada menu makan sehari-hari. Selebihnya, anda bisa mengkonsumsi kacang-kacangan, beras merah, roti gelap, gandum pasta dan buah-buahan.

author
No Response

Comments are closed.