Bulu Kucing Peliharaan Anda Rontok? Tenang Atasi Dengan Cara Ini

Punya kucing peliharaan yang lucu memang menyenangkan, anda bisa main-main dan memanjakan kucing kesayangan anda setiap hari. Tapi jangan lupa yah, kucing lucu anda juga harus dirawat dan diperhatikan kesehatannya. Jangan mentang-mentang kucing itu milik anda maka anda menelantarkannya, itu tidak boleh. Rata-rata kucing yang dipelihara di rumah-rumah adalah dari jenis kucing Persia atau kucing angora yang berbulu tebal dan lucu. Tapi kalau bulu kucing anda banyak yang rontok, itu pertanda ada yang salah dengan kondisi si kucing. Bisa jadi si manis sakit atau anda belum memandikannya beberapa hari terakhir.

persia

Nah agar si manis bisa terpelihara kesehatannya, anda bisa gunakan panduan berikut ini untuk merawatnya. Cekidott yah :

Kondisi Normal

Kucing yang bulunya rontok boleh jadi sedang dalam kondisi birahi karena perubahan hormonal yang terjadi dalam tubuhnya. Karena hal tersebut bulunya kemudian rontok. Kerontokan itu sendiri sangat dipengaruhi oleh jenis kelamin si kucing. Rata-rata kucing yang sering rontok bulunya adalah yang berjenis kelamin betina dan frekuensi kerontokan itu sendiri paling banyak hanya terjadi sekali dalam setahun.

Kurang Nutrisi

Kucing juga bisa sakit lho. Kalau anda tidak memperhatikan pemberian pakan untuk kucing bole jadi kucing anda nantinya malah sakit dan rontok bulunya. Oleh karena itu perhatikan asupan makanan untuk si kucing dengan memilih makanan kucing yang kaya dengan vitamin A dan E, memiliki kandungan protein yang cukup untuk si kucing. Asupan protein yang memadai akan membantu pertumbuhan bulu kucing sehingga bulunya akan terlihat lebat dan mengkilap.

Saran kami jangan pilih makanan kucing yang harganya murah karena kandungan nutrisinya kurang memadai. Jangan lupa pula untuk meneliti kandungan gizi yang tertera pada label bungkus saat anda membeli pakan kucing. Kalau dalam label itu tidak tertera vitamin dan mineral yang dibutuhkan, sebaiknya jangan dibeli dan pilih merk lainnya saja.

Kelebihan Vitamin

Pernah kan anda melihat tubuh kucing yang gambot dan gendut sekali? Ini karena kucing tersebut mengalami obesitas. Hal ini juga menimbulkan kerontokan bulu kucing. Kalau kucing anda terlalu banyak makan, maka konsentrasi vitamin dan zat lain yang dimakannya menjadi surplus alias berlebihan. Keadaan ini bisa mengakibatkan kekeringan pada kulit kucing yang akhirnya menjadi kerak dan mengelupas. Jalan keluarnya, berilah kucing anda vitamin sesuai dosis yang dianjurkan dalam label makanan kucing.

Suhu

Kulit dan bulu kucing berfungsi sebagai pengontrol suhu tubuhnya. Kalau musim hujan sudah datang, maka suhu udara biasanya akan lebih dingin dan saat menghadapi cuaca dingin bulu kucing biasanya akan tumbuh lebih lebat untuk melindungi kucing agar tidak kedinginan. Hal yang berlawanan terjadi ketika musim kemarau atau musim panas tiba, bulu kucing biasanya akan rontok habis-habisan untuk menyesuaikan agar kucing tidak kepanasan. So carilah tempat yang sejuk dan kering untuk kucing anda agar bulunya tidak rontok.

Kutu

Ada kalanya kucing diserang oleh pengganggu berukuran mikro yaitu kutu. Kemampuan reproduksi kutu yang sangat cepat bisa menyebabkan bulu kucing dihuni oleh ratusan kutu dalam waktu yang singkat. Untuk mengatasinya anda bisa memilih shampoo khusus binatang peliharaan banyak dijual di toko-toko hewan peliharaan. Selain itu anda juga menyisir bulunya dengan sisir khusus yang lembut.

Bagaimana sahabat, apakah kucing anda bulunya rontok? Silakan aplikasikan cara di atas dan rawat kucing anda agar selalu sehat dan ceria.

author
No Response

Comments are closed.