Bingung Susah Nidurin Bayi, Gunakan Cara Simple dan cepat ini

Bayi yang rewel dan susah tidur pasti bikin repot dan kalau sering terbangun di malam hari, kondisiny akan terpengaruh yaitu pada perkembangan fisiknya. Bayi memerlukan tidur yang berkualias karena akan membuat bayi lebih sehat dan ayah dan ibu pun bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Bila tidur ayah dan ibu tidak terganggu, aktivitas harian pun bisa dilakukan tanpa halangan.

Yang jadi masalah, seringkali bayi terbangun dari tidur dan tidak disebabkan karena lapar atau sebab lain. Bayi terbangun karena berubahnya fase tidur yang berganti dari tidur lelap menjadi tidur ringan (Tidur REM) yang ditandai dengan pergerakan kelopak atas dari bola mata bayi, tubuh sering tegang, dan tidak teraturnya hela nafas. Ketika bayi mengalami ini, bayi lebih sering terbangun dari tidur. Secara umum tidur tipe ini dialami oleh bayi semenjak bayi ada dalam kandungan hingga berusia 7 bulan setelah melahirkan.

3-Cara-Menidurkan-Bayi-Anda

Agar anda tidak kesulitan menidurkan bayi, perhatikan hal-hal berikut ini sebelum bayi tidur. Yaitu :

Bayi hendaknya diberi cukup makanan

Bayi yang belum kenyang akan merasa terganggu hingga sering terbangun di malam hari. Maka dari itu bayi harus diberi makan dan minum secukupnya sebelum ditidurkan. Kalau anda memberi bayi cukup asupan makan, bayi akan jarang bangun di malam hari. Pemberian makanan pada bayi hendaknya memperhatikan kesehatan gigi, jika gigi bayi sudah muncul maka pemberian ASI hendaknya dihentikan. Ganti pemberian ASI dengan air putih bila itu dirasa tepat dan membuat bayi bisa tidur dengan tenang.

Memilih baju yang tepat

Bayi harus diberi pakaian dengan material yang nyaman. Ukurannya harus pas dengan badan bayi. Bayi tidak boleh merasa sesak, oleh sebab itu bahan yang dipilih harus lembut. Bayi akan tidur nyenyak sampai pagi kalau baju yang dipakainya terasa nyaman.

Tubuh bayi harus dibersihkan

Di siang hari anda memberi minum dan makan pada bayi dan seringkali bayi diberi makanan berupa biskuit yang dilunakkan dengan susu, atau makanan lembut lainnya. Ada kalanya remah-remahnya menempel di baju bayi hingga kulit bayi menjadi lengket. Hal ini sering membuat bayi tidak nyaman dan terganggu tidurnya. Solusinya, kulit bayi diseka dengan kain yang dicelup pada air hangat sebelum tidur. Cara ini dirasa efektif dan membuat bayi tidur lelap.

Desain kamar harus nyaman

Suasana kamar harus dibuat senyaman mungkin untuk bayi. Anda harus memperhatikan kondisi boks bayi, suhu ruangan, tata warna, ventilasi dan tata cahaya. Saran kami, jangan pilih lampu yang cahayanya terlalu terang karena bisa mengganggu penglihatan bayi. Hindari pula penggunaan pewangi ruangan dan obat pengusir nyamuk jika itu membuat bayi sesak. Akan lebih efektif jika anda menggunakan kelambu saja agar bayi tidak digigit nyamuk di saat tidur.

Bagaimana bunda, 4 di atas cukup membantu bukan? Kalau anda punya tips bermanfaat lainnya silakan dicantumkan di kolom komentar yah.

author
No Response

Comments are closed.