Bijak Menyikapi Kesalahan Orang Lain

701 views

Tidak lengkap rasanya jika hidup ini tidak dilengkapi dengan masalah. Jika kita sama sekali tidak menghadapi masalah, kita sama sekali tidak akan belajar bagaimana cara terbaik untuk mengatasi masalah yang kita hadapi. Maka dari itu, segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah tidak akan sia-sia karena pasti ada hikmahnya. Termasuk ketika seseorang berbuat kesalahan.

141203211525Banyak dari kita menganggap semua yang menimpa sebagai ketentuan dari Allah SWT. Sesuatu itu sudah ada pada tempatnya sehingga yang namanya kebetulan itu tidak ada. Segala hal sudah ada scenarionya dari Allah. Begitu pula halnya ketika orang berbuat kesalahan kepada kita. Allah akan melihat bagaimana kita menyikapi kesalahan orang lain kepada kita. Apakah kita akan meresponnya dengan kebencian atau hardikan? Atau justru mungkinkah kita akan memaafkan dan memakluminya? Semua itu ditentukan oleh perasaan hati seseorang.

Saudaraku semua
Ketika kita menghadapi orang yang berbuat salah, kita akan melatih hati kita untuk lebih bijaksana dan bersih. Kita bukanlah malaikat, berbuat salah adalah hal biasa dan kita tidak akan terlepas dari hal ini sepanjang hidup kita. Tapi yang jadi persoalan bukanlah tentang kesalahannya, yang dipersoalkan adalah bagaimana cara kita menyikapi kesalahan yang diperbuat seseorang kepada kita.

Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita sering berkonfrontasi dengan orang lain karena orang itu berbuat salah atau sebaliknya kita yang berbuat salah pada mereka. Tapi akan lebih bijak jika kita bersedia untuk memaafkan keselahan mereka. Kita harus mengakui bahwa pada beberapa kesempatan pun kita pasti pernah melakukan kesalahan pada seseorang.

Jadi akan lebih adil rasanya kalau kita bersedia memaafkan orang lain yang berbuat salah kepada kita. Sebab semua orang adalah manusia biasa seperti kita. Walllahu’alam.

author
No Response

Comments are closed.