Berbagai Pilihan Minuman Untuk Diet dan Khasiatnya

880 views

Menjaga berat badan agar tetap dalam jumlah yang proporsional merupakan salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga secara teratur dan melakukan proses diet dengan pilihan jenis diet yang memiliki prosedur yang sehat dan baik untuk tubuh tentunya. Diet kini tak melulu identik hanya untuk kaum hawa saja. Belakangan ini telah banyak para pria yang mulai melek dan peduli mengenai penampilannya, khususnya pada bentuk tubuh yang sangat erat hubungannya dengan berat badan.

minuman untuk dietJika berat badan Anda sudah masuk dalam kategori gemuk atau diluar batas hitungan berat tubuh yang proporsional, salah satu hal yang harus Anda ubah adalah makanan dan minuman yang Anda konsumsi serta gaya hidup yang kurang sehat. Anda bisa mencoba beberapa jenis dan pilihan minuman untuk diet yang baik untuk proses diet Anda.

Beberapa jenis minuman memang ada yang memiliki khasiat sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Tak hanya cocok untuk kesehatan tubuh, beberapa diantaranya juga cukup bisa diandalkan untuk membantu proses diet yang sedang Anda jalani. Hal ini tentunya karena kandungan di dalam minuman tersebut memiliki khasiat atau manfaat tersendiri untuk tubuh yang bisa membantu proses diet Anda menjadi lebih lancar dan terjaga. Minuman untuk diet terdiri dari berbagai jenis minuman sehat mulai dari olahan susu, buah dan juga sayur. Jenis-jenis minuman ini bisa dengan mudah Anda buat sendiri di rumah atau Anda temukan di minimarket terdekat dari rumah Anda. Berikut ini beberapa jenis minuman yang baik untuk diet yang bisa Anda coba di rumah sebagai salah satu minuman favorit Anda:

  • Minuman jeruk nipis dan manfaat jeruk nipis untuk diet

manfaat jeruk nipis untuk dietMinuman untuk diet jeruk nipis bisa jadi merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin C yang sering Anda nikmati setiap hari. Salah satu jenis buah jeruk ini biasa digunakan sebagai campuran minuman dengan cita rasa buah jeruk yang khas dan menyegarkan. Meskipun memiliki rasa yang cenderung lebih kecut jika dibandingkan dengan buah jeruk biasa, namun jeruk nipis cukup diminati sebagai minuman pendamping berbagai menu makanan. Mau dingin ataupun hangat, jeruk nipis adalah menu minuman yang selalu ada di hampir setiap tempat makan dan warung kaki lima.

Tak hanya rasanya yang enak, ternyata jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah membasmi timbunan lemak dalam tubuh. Itulah kenapa jeruk nipis masuk ke dalam kategori minuman untuk diet yang membantu menjaga kesehatan tubuh pula. Anda bisa mencampurkan air perasan satu hingga dua butir jeruk nipis ke dalam segelas air hangat dan meminumnya setiap hari untuk meluruhkan timbunan lemak yang ada di dalam tubuh Anda. Tak hanya itu, minum perasan jeruk nipis secara rutin setiap harinya ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Zat kimia bernama limonin dalam jeruk nipis akan mencegah hati menghasilkan zat bernama Apo B yang bisa membuat kadar kolesterol dalam tubuh tidak terjaga.

  • Minuman susu kedelai dan manfaat susu kedelai untuk diet

manfaat susu kedelai untuk dietJenis minuman untuk diet lainnya yang baik untuk kesehatan adalah susu kedelai. Berbeda dengan susu sapi atau susu kambing, susu kedelai sebenarnya merupakan air sari yang dihasilkan dari kacang kedelai yang telah melewati proses tertentu. Hanya karena air yang dihasilkan berwarna putih keruh layaknya air susu pada umumnya, maka sari kedelai seringkali disebut sebagai susu kedelai. Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang tinggi akan kandungan protein nabati yang tentunya baik untuk tubuh manusia. Lalu, mengapa susu kedelai bisa dikatakan sebagai salah satu minuman untuk diet? Di dalam susu kedelai terkandung jenis lemak tak jenuh yang bisa menekan penyerapan lemak jenuh di dalam tubuh Anda. Dengan menikmati segelas sari kedelai secara rutin setiap hari, Anda bisa menjaga berat badan Anda tetap pada angka yang ideal. Pastinya didukung dengan olahraga yang baik dan pola makan seimbang. Selain itu, di dalam susu kedelai juga terdapat kandungan baik lainnya seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B kompleks yang baik untuk tubuh.

  • Minuman smoothie untuk diet

Minuman smoothie untuk dietSiapa yang masih belum mengenal smoothie. Smoothie merupakan salah satu olahan buah dan susu dengan rasa yang enak dan unik. Kolaborasi keduanya dapat menjadi salah satu, minuman lezat yang sangat dianjurkan untuk Anda yang sedang menjalani pola hidup sehat dan berdiet. Smoothies dikategorikan menjadi salah satu minuman untuk diet karena memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Di dalam segelas smothies terkandung banyak sekali vitamin, kalsium, protein dan masih banyak lagi kandungan sehat lainnya yang dapat membantu melengkapi kebutuhan tubuh akan asupan gizi. Bagi Anda yang sedang diet pun tidak perlu khawatir karena smoothies justru dapat membantu mengusir lemak dari tubuh dan tidak bikin gemuk

  • Secangkir teh hijau dan manfaat teh hijau untuk diet

manfaat teh hijau untuk dietMinuman untuk diet lainnya yang bisa menjadi pilihan untuk Anda adalah secangkir teh hijau yang bisa Anda konsumsi secara rutin. Teh hijau berbeda dengan jenis teh biasa yang seringkali Anda seduh untuk mengisi sore Anda bersama sepiring cake yang manis. Jenis teh ini digadang-gadang menjadi salah satu jenis teh yang sangat cocok untuk menurunkan berat badan. Selain itu, kandungan yang ada didalamnya juga disebut-sebut bisa membuat awet muda dan tubuh menjadi lebih sehat. Teh hijau memiliki kandungan khusus yang juga bisa membantu melancarkan proses detox pada tubuh manusia.

  • Minuman tanpa gula

Jenis minuman untuk diet yang satu ini mungkin akan terasa aneh di lidah Anda. Namun jika Anda benar-benar mengkonsumsinya secara terus menerus, Anda bisa melihat hasil yang baik untuk tubuh. Segala makanan dan minuman yang manis dapat dipastikan mengandung gula dengan kadar tertentu. Tubuh yang menerima asupan gula secara berlebihan akan lebih mudah gemuk dan gagal menurunkan berat badan. Maka bagi Anda yang saat ini sedang melakukan program diet, Anda bisa melakukan kiat diet yang satu ini supaya proses diet Anda menjadi lebih cepat dan lancar. Jika Anda pergi ke sebuah tempat makan, pesanlah es teh atau es jeruk tanpa tambahan gula. Anda juga bisa memesan jus buah dengan rasa plain tanpa gula untuk mengurangi resiko asupan gula berlebih pada tubuh Anda.

Itu dia beberapa minuman untuk berdiet yang bisa Anda nikmati sebagai menu minuman Anda sehari-hari selama Anda berada pada proses diet. Tentunya cara ini bisa menjadi jalan keluar supaya proses diet Anda berjalan lebih lancar. Dengan menikmati minuman untuk diet secara rutin, diet Anda dipercaya akan menjadi lebih lancar dan hasilnya bisa Anda lihat dalam waktu yang lebih cepat. Tak hanya minuman yang baik untuk proses diet Anda, penting juga untuk mengimbanginya dengan berolahraga secara teratur dan konsumsi makanan sehat yang bergizi. (Baca Juga: Cara Mengatur Menu Diet Sehat Dalam Waktu Seminggu)

author
No Response

Comments are closed.