Berat Badan Turun Drastis Tanpa Sebab? Waspada, Bisa-Bisa Itu Gejala Penyakit Serius

berat-badan-130401b

Aktivitas fisik yang disengaja dengan tujuan menurunkan berat badan itu sudah biasa. Tapi bagaimana jika tanpa beraktivitas sedikitpun berat badan tetap turun hingga level yang mengejutkan? Ini berbahaya, anda harus cek kondisi tubuh anda sesegera mungkin untuk pencegahan seandainya ditimpa penyakit berbahaya.

Biasanya berat badan turun saat anda ditimpa rasa depresi yang begitu besar. Stress hingga depresi berat bisa berawal dari permasalahan keluarga, karir, perceraian, dan berganti pekerjaan. Duka karena ditinggal oleh orang tercinta juga bisa menyebabkan berat badan anda menyusut. Pada awalnya mungkin anda tidak peduli dan membiarkan semua terjadi begitu saja. Anda memerlukan bantuan psikologis untuk mengembalikan keadaan anda ke titik normal.

Selain gangguan psikologis, faktor lain yang memicu penurunan berat badan antara lain pola makan yang terganggu. Biasa disebut anoreksia dan bulimia. Selebihnya, penyakit tertentu yang belum terdeteksi juga bisa menjadi penyebab turunnya berat badan anda. jika anda sedang menjalankan program diet ketika fenomena ini terjadi, silakan hentikan segera. Hubungi dokter yang biasa menangani masalah kesehatan anda dan keluarga, konsultasikan masalah ini dan minta masukan-masukan darinya.

Sejumlah penyakit yang sering menyebabkan penurunan berat badan antara lain :

  1. Kondisi tiroid yang aktivitasnya cenderung hiperaktif atau pengobatan yang dilakukan pada tiroid yang cenderung berlebihan.
  2. Gejala kanker yang belum terdeteksi
  3. Munculnya gangguan paru-paru, liver, ginjal, dan jantung
  4. Penyakit pada kelenjar yang menghasilkan hormone misalnya belum terdiagnosisnya diabetes
  5. Masalah peradangan yang sudah lama dirasakan tapi tidak ditangani serius misalnya lupus, rematik, dan arthritis
  6. Gangguan pencernaan seperti penyakit celiac, radang lambung, dan maag
  7. Infeksi organ tubuh yang disebabkan oleh parasit, bakteri, dan virus

Selain ketujuh kondisi di atas, pengaruh obat-obatan, terutama obat terlarang berpotensi merusak tubuh dan semua organ penting lainnya. Secara umum, berat badan manusia normal akan mengalami kecendrungan naik dan turun. Tapi kalau berat badan tiba-tiba meroket hingga melebihi 5% dalam 12 bulan anda harus waspada. Anda harus mengecek kesehatan anda segera, terutama bila turunnya berat badan disertai dengan gejala mudah lelah, hilang nafsu makan, dan lain-lain.

author
No Response

Comments are closed.