Begini Nih Cara Ngurus STNK Tanpa Harus Ribet Calo dan Lain-Lain

Suatu kali saya pernah kehilangan STNK motor saya, kebetulan waktu itu saya baru pulang dari kantor dan tanpa sengaja menjatuhkan STNK saya entah di mana. Saat tiba di rumah, saya merogoh kantong celana saya dan ternyata wow.. STNK saya tidak ada. Kaget sekali rasanya karena STNK ini seperti kartu password yang menjamin kita gak kena tilang polisi. Bukan main kalutnya hati ini apalagi setelah tahu kalau biaya bikin STNK baru nyampe setengah juta lebih. Fyuhhh…. Cukup sesak ini dada.

membuat stnk baru

Setelah tanya sana-sini ternyata saya harus bikin dulu surat kehilangan dari kepolisian supaya saya tetap bisa pergi kemana-mana tapi tetap aman dari tilang. Ya udah deh akhirnya saya dengan istri pergi ke kantor polisi sambil ujan-ujanan. Ceritanya beres, suratnya saya simpan di map khusus biar gak ilang. Akhirnya kami pulang dan nunggu kabar siapa tahu ada yang datang nemu STNK saya dan nganterin ke rumah, aduh beruntungnya saya. Hehe..

Saya ini pekerja honorer di sebuah institusi pendidikan negeri terkenal di jawa barat, sebentar lagi saya insha Allah diangkat menjadi PNS. Karena masih honorer, saya harus mengakui kalau transportasi menggunakan sepeda motor itu lumayan bisa memangkas biaya hidup karena ongkos transportasi kendaraan umum jadi berkurang drastis. Lumayan sih. Tapi yang ngeselin, karena STNK hilang yah akhirnya itu duit hasil menghemat ya jadi harus keluar lagi untuk bikin STNK baru, haha. Tapi ya apa boleh buat memang sudah begini harusnya mungkin.

Sobat, mengurus STNK via calo itu memang gak bikin kita ribet tapi ya begitu lah harus ada sedikit duit yang musti dikorbankan sebagai pelicin urusan. Belum lagi nanti harus main tembak karena STNK nya belum balik nama. Eh saya pikir daripada bikin STNK baru ya mending balik nama aja langsung, lebih hemat toh.

Beberapa hari pasca kehilangan STNK saya memberanikan diri untuk langsung mengurus pembuatan STNK baru ke kantor samsat di kota saya. Pengurusannya memang lebih murah sih biayanya ketimbang diurus via biro jasa atau calo. Selain lebih murah waktu pengurusan juga relatif lebih cepat dari biasanya. Tapi kini ada yang lebih trendi lagi, ternyata pihak kepolisian berinisiatif untuk memberi pelayanan yang lebih prima ke masyarakat sehingga sekarang dibuka beberapa loket baru yang menghindarkan masyarakat dari antrian panjang.

So saya masuk ke loket yang masih kosong dan petugas melayani saya dengan senyuman yang bersahabat kemudian STNK saya pun diurus deh. Aduh senangnya sekarang saya punya STNK saya lagi. Saran saya, jangan gunakan jasa perantara untuk pengurusan STNK atau perpanjangannya. Selain biayanya akan berlipat ganda, waktu pengurusannya juga lebih lama.

author
No Response

Comments are closed.