Bacalah Al-Quran dan Hidupkan Hati Anda

626 views

Para sahabat Nabi adalah orang-orang dengan pribadi yang unggul karena ruh mereka senantiasa disirami oleh ayat-ayat Al-qur’an sebagai mukzizat abadi. Nabi pun tak ragu untuk memberi gelar sahabat-sahabatnya itu dengan sebutan “generasi terbaik” sepanjang masa.

membaca al-quran

As-Sa’adi seorang ahli tafsir mengatakan bahwa Al-qur’an adalah ruh yang sanggup menghidupkan jiwa dan hati manusia. Dengan membaca Al-qur’an maka semua persoalan di dunia dan akhirat akan terasa lancar. Ini karena Al-qur’an memiliki ilmu yang banyak manfaatnya serta kebaikan yang tak terbatas.

Sa’adi mengatakan bahwa sudah kekuasaan bagi Allah untuk menganugerahkan hidayah bagi siapapun yang dikendakinya. Maka dari itu, siapapun yang ingin mendapatkan hidayah Allah harus berusaha untuk banyak bersyukur dan sering membaca Al-quran. Dengan amalan ini ia akan memperoleh banyak karunia dari Allah SWT.

Saudaraku,

Beberapa indikasi dari hati yang mendapat celupan Al-qur’an adalah saat seseorang hatinya merasa tenang ketika membaca Al-qur’an. Semua ayat-ayat Al-qur’an yang ia baca ia lantunkan dengan penuh keindahan hingga hatinya bergetar. Dengan indikasi ini, seseorang akan mengamalkan ajaran Al-qur’an sepenuh hatinya. Ia akan menyadari bahwa semua ibadah yang diperintahkan kepadanya bersifat Fardhu-ain. Amalan sunnah yang lain berfungsi untuk menopang amalan yang wajib.

Saudaraku,

Seseorang yang jauh dari tuntunan Al-qur’an dalam hidupnya akan memiliki akhlak buruk. Buruknya tingkah laku adalah cerminan dari keringnya hati. Keseharian orang yang jauh dari Al-qur’an hanya dipenuhi dengan maksiat dan perbuatan buruk lainnya.

Rasulullah SAW bersabda, “Hati ini berkarat seperti berkaratnya besi jika terkena air. Lalu beliau ditanya: Apa pembersihnya? Sabda beliau: banyak mengingat mati dan membaca Al-Quran.”
(HR: Al-baihaqi).

Tak berbeda dengan apa yang disampaikan oleh Nabi SAW, Malik Bin Dinar memberi peringatan kepada kita semua “Wahai ahlu al-Quran? Apa yang telah Al-Quran tanam pada hati-hati kalian? Sesungguhnya al-Quran itu mampu menghidupkan hati layaknya hujan yang menyuburkan tanah yang tandus sekalipun,” (Al-Jami’ li Ahkam al-Quran, al-Qurthubi).

author
No Response

Comments are closed.