Baca Cara Lulus Interview Kerja Ini. Pasti Anda Positif Diterima Kerja

Pengalaman pertama saat menghadapi interview kerja pasti membuat jantung berdegup kencang dan kita jadi serba-salah seharusnya seperti apa kita bersikap agar lolos interview kerja. Anda yang baru lulus kuliah pasti berharap sekali untuk bisa memiliki pekerjaan dan bisa hidup berkecukupan, untuk ini anda melamar kerja ke sana-sini dan hanya beberapa saja yang berbuah panggilan kerja.

tips menghadapi interiew kerja

Anda tentu tak ingin harapan anda yang selama ini anda impikan tiba-tiba hilang begitu saja hanya karena interview pertama anda menghadapi kegagalan. Banyak sekali yang menjadi penilaian saat kita menghadapi sebuah interview, gaya bicara, cara anda memandang pewawancara, hingga cara anda duduk akan menghasilkan evaluasi tersendiri.

Agar wawancara kerja anda berjalan dengan lancar maka anda harus menyimak tips menghadapi wawancara kerja berikut ini :

1. Kesan pertama adalah segalanya

Saat mendapat panggilan untuk sebuah wawancara kerja, anda pasti senang sekali bukan? Kini anda harus mempersiapkan segala sesuatunya. Di wawancara nanti anda harus membuat kesan yang bagus di hadapan pewawancara. Pakailah baju yang rapi dan bersikaplah dengan tenang agar anda lulus sesi pertama ini.

2. Jawablah semua pertanyaan dengan cerdas

Ketika wawancara sedang berjalan, anda tidak boleh terlihat gugup dan tidak bisa menyusun rangkaian kata yang proporsional. Jaga cara bicara anda, jangan sampai anda berkata dengan nada kata yang terlalu tinggi atau sebaliknya pula terlihat sembrono. Santai saja dan biarkan segalanya berlalu secara alami. Jawablah pertanyaan sesuai dengan porsinya.

Jangan biarkan pewawancara kehilangan fokusnya kepada anda, pastikan anda mendapatkan special attention dari pewawancara. Kunci sukses menjawab pertanyaan saat wawancara adalah:

  • Jawab pertanyaan dengan singkat

Mungkin pewawancara ingin tahu banyak hal tentang diri anda, bila anda mendapat pertanyaan ini maka jawablah dengan singkat tetapi padat. Kalau bisa jangan lebih dari 3 menit yah.

  • Setiap pertanyaan hendaknya dipahami dengan benar

Saat anda mendapat sebuah pertanyaan, sebaiknya anda tidak langsung memberikan reaksi dengan menjawab saat itu juga. Tunggulah beberapa detik hingga si pewawancara terlihat menundukkan kepala atau mencari kesempatan untuk minum lalu jawablah pertanyaannya dengan ringkas.

3. Penampilan harus dijaga

Ingat sob, penampilan memberi kesan abadi di mata orang lain. Oleh karena itu, anda harus bepenampilan prima. Bahasa kerennya necis ketika anda berpakaian. Perlihatkan bahwa anda adalah seorang profesional sejati, pakailah dasi, tapi jangan terlalu formal juga.

4. Bahasa tubuh

Saat anda sedang diwawancara, anda tidak boleh memperlihatkan bahasa tubuh yang kaku dan serba tertutup. Tenangkan perasaan anda, silakan anggap saja pewawancara itu bukan orang lain tapi keluarga sendiri yang sedang ngobrol dengan anda. Ingat jangan kaku yah!

Wah tipsnya Cuma sedikit sih, tapi penulis percaya sedikit tips ini akan member banyak masukan bagi anda yang akan menghadapi interview kerja di kemudian hari. Selamat mencoba yah!

author
No Response

Comments are closed.