Atasi Anak Rewel Dengan Cara Ini. Dijamin Anak Jadi Nurut…

Kadang-kadang kita tidak sanggup lagi menghadapi anak yang rewel. Kalau anak sedang rewel biasanya anak jadi tidak mau makan, susah tidur, tidak mau mandi dan sebagainya. Beberapa hal bisa disalahkan sebagai penyebab anak jadi rewel. Tapi yang paling penting temperamen si anak dulu yang harus anda dalami karena siapa tahu memang sudah sifat si anak yang dari sananya rewel.
Kerewelan anak biasanya muncul karena sesuatu yang diinginkannya tidak terpenuhi, atau bisa juga karena si anak susah beradaptasi dengan lingkungan mainnya yang baru. Tenang saja, kali ini kita bahas beberapa hal yang menyebabkan anak jadi rewel sekaligus solusi untuk mengatasinya :

anak rewel

1. Anak merasa tidak nyaman dengan kondisinya
Sahabat, bila anda tidak tahu bagaimana perasaan anak saat ini maka tanyalah dia. Siapa tahu dia sekarang merasa haus, lapar, kedinginan, kepanasan atau ngantuk. Jika yang penulis sebutkan ada yang jadi penyebabnya, maka beri solusi untuk kondisi tersebut.

2. Anak rewel karena ingin perhatian lebih
Anak bisa saja menilai kita cuek kepada mereka so mereka ingin mendapatkan perhatian kita dengan merengek-rengek minta sesuatu. Kadang-kadang sampai menangis sampai selonjoran di lantai. Mereka mungkin menilai bahwa dengan rewel kita jadi peduli dengan mereka. Oleh sebab itulah mereka menjadi rewel. Untuk mengatasinya berkomunikasilah, beritahu anak bahwa sikapnya itu salah. Tapi di lain waktu rubahlah sikap anda, berilah perhatian lebih di waktu yang lain.

3. Anak ingin show case kekuatan
Anak juga punya aspirasi. Seperti di lembaga perwakilan rakyat saja yang setiap anggotanya punya hak untuk bicara. Sama halnya dengan anak. Mungkin saja anak punya unek-unek yang ingin disampaikannya tapi dia merasa kurang PD untuk bicara. Kalau si anak lantas jadi rewel karena tidak diberi kesempatan ngomong maka solusinya adalah dengan berempati kepadanya.

4. Hati anak terluka
Lho kok anak anda sekarang jadi pendiam, kerjaannya hanya sembunyi terus di kamarnya sambil berantakin kamar. Ditanya juga gak ngasih respon malah buang muka sambil segukan. Aduh boleh jadi nich hati anak anda terluka. Mungkin ada perkataan anda atau teman mainnya yang bikin dia jadi gak enak.

Solusinya jangan dengan dimarahi. Dekati lalu bilang sama dia kalau mama sayang dia. Buatlah hatinya merasa nyaman dengan memeluknya. Intinya buat perasaannya jadi tenang oke!

5. Tidak bisa mengerjakan sesuatu
Di sekola anak belajar matematika, bahasa Indonesia dan pelajaran lainnya. Cara guru memberikan materi tidak sama. Ada kalanya materi yang diberikan tidak bisa diterima oleh siswa. Bila ini terjadi ada kalanya anak stress dan mengurung diri sendirian di kamar. Anda tidak boleh membiarkan ini terjadi terus-terusan. Dekatilah dia lalu Tanya ada masalah apa hingga dia jadi seperti itu. Beri semangat agar si anak tidak berhenti mencoba mengerti pelajaran yang belum dikuasainya.
Tidak berat lho kalau anda tahu resep yang tepat untuk menangani anak yang rewel. Semua pasti bisa diatasi dengan mudah. Nah kini bagaimana menurut anda? Bisakah anda menangani kerewelan anak anda?

author
No Response

Comments are closed.