Anemia Harus Diwaspadai. So Kenali dan Waspadai Yah

402 views

Anemia adalah penyakit yang berkaitan dengan berkurangnya kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah dalam jumlah yang memadai. Bila ini terjadi, dalam darah anda tidak terdapat cukup oksigen. Bila organ tubuh tidak mendapat suplai oksigen yang cukup maka anda akan cepat lelah.

Anemia2

Anda dinyatakan terserang anemia bila jumlah sel darah anda di bawah standar normal. Untuk wanita, jumlah sel darah normalnya adalah 12 gram per desiliter sedangkan untuk pria jumlah normalnya adalah 15 gram per desiliter. Jika setelah dicek jumlah sel darah merah anda di bawah angka ideal tadi, bisa disimpulkan anda terkena anemia.

Anemia bisa muncul karena disebabkan oleh beberapa hal, misalnya :

  1. Misalnya karena anda terluka dan hilang banyak darah. Kalau tubuh anda kehilangan darah yang banyak dan sel darah merah anda tidak bisa memproduksinya lagi dengan jumlah yang cukup maka anda terindikasi anemia. Ini sering dialami oleh wanita yang periode menstruasinya sedang berat.
  2. Produksi sel darah merah anda sedang rendah. Sekalipun anda tidak mengalami pendarahan, sel darah merah yang sudah tua dan mati tetap harus diganti dengan sel darah merah baru. Beberapa hal membuat tubuh anda tidak mampu memproduksi banyak sel darah merah atau hemoglobin dalam sel darah merah anda kurang.

Ciri yang mudah diamati jika seseorang terkena anemia adalah kondisi fisiknya yang cepat merasa capek. Tubuh terasa tidak bertenaga sekalipun anda tidak banyak melakukan aktivitas berat. Selain itu ciri lainnya yang mudah diamati adalah kuku yang gampang patah, wajah pucat, dan darah sulit mengalami pembekuan jika kulit terluka.

Bagaimana sahabat, kini pengetahuan anda tentang anemia sudah lumayan banyak bukan? Bebaskan diri anda dari anemia dengan mengkonsumsi makanan harian yang sehat. Semoga bermanfaat.

author
No Response

Comments are closed.