Aktivitas Terhambat Karena Hidung Tersumbat dan Mampet, Ini Cara Mengobatinya …

Saat musim hujan, ketika cuaca dingin melanda biasanya hidung kita meler dan sebentar-sebentar bersin tapi terkadang hidung jadi mampet dan susah bernafas. Betul-betul tersiksa hari-hari kita tatkala flu menjamah kita, aktivitas pun jadi terganggu dan kita tidak bias produktif seperti biasanya. Yang paling menyiksa adalah saat flu kambuh di malam hari, sudah tidak bisa tidur kita bersin pula semalaman. Emh siapa sih yang mau mengalami ini, tidak ada kan? Karena itu kamu lampirkan di sini sedikit tips untuk mengobati flu agar aktivitas sehari-hari anda tidak terganggu. Ini tipsnya :

hidung tersumbat dan mampet

Mandi air hangat

Flu menyerang ketika tubuh anda terkena suhu dingin yang datang dari luar rumah. Oleh karena itu ada baiknya jika anda hangat tubuh anda sejenak dengan air hangat. Akan lebih baik bila air hangat yang dipakai mandi diberi sedikit percikan aromaterapi yang menyegarkan, hmm.. pasti suhu tubuh anda akan kembali stabil deh.

Minum air hangat

Saat tubuh menggigil dan hidung tersumbat karena flu, anda memerlukan pengganti cairan tubuh agar tubuh bisa tetap mempertahankan metabolismenya dengan baik. Minumlah air hangat untuk membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan membuat hidung tersumbat jadi lega kembali.

Rubah posisi tidur

Saat penulis masih kecil dulu, ibu sering bilang agar saya mengganti posisi tidur untuk membuang ingus yang membuat hidung tersumbat. Akan lebih baik bila kepala ditopang dengan bantal agar posisi kepala jadi tinggi, dengan begitu lender dihidung akan lebih mudah keluar. Metode ini cukup efektif juga untuk membantu anda bernafas lebih lega saat susah tidur.

Minum Air jeruk hangat

Jeruk nipis yang rasanya asam ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan batuk berdahak, nah hal yang sama berlaku juga untuk hidung tersumbat. Anda hanya perlu memeras beberapa butir jeruk nipis lalu dicampur air hangat dan diminum sebelum tidur dan saat bangun tidur. Efek yang terasa adalah hidung jadi lega dan tenggorokan terasa sejuk.

Makan Keripik Pedas

Siapa sih yang tidak suka makan keripik pedas? Kalau tenggorokan berdahak dan hidung berlendir, cukup makan saja keripik pedas dan dengan sendirinya dahak dan lender akan mengalir keluar.

Memakai Uap Air

Kalau semua cara di atas sudah anda coba tapi belum ada yang berhasil, anda bisa menggunakan cara yang terakhir. Anda siapkan baskom berisi air panas dan sebuah handuk. Setelah itu anda kurung kepala dengan handuk di atas baskom hingga uap air terhirup ke hidung. Cara simpleini akan mengeluarkan lendir dari hidung anda.

Penulis tahu betapa terganggunya anda saat flu sedang menyerang. Aduh jangan sampai terjadi lagi deh, silakan anda coba 6 tips di atas dan semoga cepat sembuh yah.

author
No Response

Comments are closed.